Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah spesies anggrek yang berasal dari Indonesia. Anggrek bulan adalah anggrek asli Indonesia yang memiliki keindahan yang memukau. Mereka dapat ditemukan tumbuh liar di berbagai wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah dengan iklim tropis seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Toko Bunga Kadoplus.com: Anggrek Bulan Dalam Pot Keramik

Anggrek bulan juga merupakan anggrek nasional Indonesia dan telah diakui secara resmi sebagai lambang kebanggaan nasional sejak tahun 1967. Anggrek Bulan adalah salah satu spesies anggrek yang paling terkenal dan dihargai di Indonesia, dan seringkali digunakan dalam berbagai acara perayaan dan upacara, termasuk pernikahan.

Selain Indonesia, anggrek bulan juga ditemukan di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand, tetapi Indonesia merupakan salah satu pusat utama persebarannya.

Anggrek bulan memiliki karakteristik fisik yang khas yakni memiliki daun hijau tebal yang panjang dan lebar dengan pola bintik-bintik atau garis-garis di permukaannya. Bunga anggrek bulan sangat menarik dengan dominan warna putih, tetapi juga bisa memiliki variasi warna lain seperti merah muda, ungu, atau oranye. Kelopak bunga anggrek ini lebar dan pipih, memberikan kesan bentuk yang mirip dengan kupu-kupu yang terbang, yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Untuk merawat anggrek bulan dengan baik, penting untuk memberikan cahaya yang cukup, tetapi hindari sinar matahari langsung. Mereka juga memerlukan kelembaban yang tinggi, sehingga seringkali ditempatkan di atas wadah berisi air atau di ruangan yang lembap. Air yang digunakan untuk penyiraman harus bebas dari mineral dan tidak boleh tergenang di pot. Mereka biasanya ditanam dalam pot dengan media tanam berbasis serat seperti serat kelapa atau gembur yang bisa menyimpan kelembaban tetapi tidak membusukkan akar.

Kebanggaan dan Kecantikan: Anggrek bulan sering kali dianggap sebagai simbol kecantikan yang luar biasa. Dengan kelopaknya yang lebar dan bunga yang menarik, mereka menggambarkan keanggunan dan keindahan yang dapat memukau mata setiap orang yang melihatnya.

Kemurnian dan Keanggunan: Warna putih anggrek bulan, yang seringkali menjadi warna dominan pada bunga ini, dapat diinterpretasikan sebagai simbol kemurnian dan keanggunan. Putih sering kali dikaitkan dengan kesucian dan kebersihan.

Arti Bunga Anggrek Bulan : 

  1. Cinta dan Kasih Sayang

Seperti banyak bunga lainnya, anggrek bulan juga memiliki makna dalam konteks cinta dan kasih sayang. Mereka sering diberikan sebagai hadiah romantis, terutama dalam pernikahan dan acara khusus lainnya, sebagai ekspresi cinta dan perhatian.

  1. Kerendahan Hati

Meskipun anggrek bulan adalah anggrek yang indah dan populer, mereka tumbuh secara alami di alam liar dan tidak memerlukan perhatian yang berlebihan. Ini bisa diinterpretasikan sebagai simbol kerendahan hati dan kekuatan yang datang dari kesederhanaan.

  1. Keabadian dan Daya Tahan

Anggrek bulan dapat mekar dengan tahan lama jika dirawat dengan baik. Hal ini dapat diartikan sebagai simbol keabadian dan daya tahan dalam konteks hidup dan perjalanan manusia.

6 Orchids in a pot. Rangkaian 6 bunga anggrek di toko bunga Kadoplus.com